Pasar modern semakin memberikan wujudnya yang beragam, baik dalam hal pelayanan, fasilitas, maupun model transaksi yang semakin mengalami pembaharuan. Minimarket merupakan salah satu jenis pasar modern yang sudah menjamur khususnya pada lingkungan masyarakat kota Makassar yang mengalami proses modernisasi yang begitu cepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pasar modern khusunya minimarket yang tersebar luas di lingkungan masyarakat kota Makassar. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik purposive sampling. Teknik penelitian observasi, wawancara, teknik dokumentasi dari foto dan arsip yang dimiliki pemerintah setempat. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap pasar modern di kota Makassar dalam hal fasilitas dan sistem pelayanan sangat baik dan menunjang kenyamanan konsumen dalam berbelanja, kualitasa barang baik dan harga barang yang terjangkau khususnya bagi masyarakat golongan menengah atas. Selain itu, keamanan dan kesehatan lingkungan pasar modern menurut masyarakat terjamin dengan baik serta promosi dan diskon harga barang sering dilakukan pasar tersebut sangat membantu masyarakat.
Copyrights © 2016