JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

EXAMPLE AND NON-EXAMPLE LEARNING MODEL BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA

Wanda Nugroho Yanuarto (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Eka Setyaningsih (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2017

Abstract

Proses belajar matematika yang dilakukan di program studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, hendaknya mendukung kemampuan mahasiswa untuk mencari konsep dari belajar itu sendiri sebagai proses belajar mereka. Untuk menciptakan suasana belajar dimana mahasiswa dapat mencari ide dan konsep belajar matematika mereka sendiri perlu didukung oleh model pembelajaran yang dapat efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut dan media pembelajaran guna alat bantu mahasiswa untuk memaksimalkan kemampuan matematika mereka. Penggunaan Example and Non-Example Learning Model dengan berbantuan media pemelajaran poster diharapkan dapat merubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, menumbuhkembangkan kemampuan dalam pembelajaran secara umum, dan menciptakan kemampuan matematika secara khusus, seperti kemampuan koneksi matematika, serta mengubah pembelajaran yang teacher oriented ke student oriented. Oleh karena itu, dengan menggunakan Pembelajaran Example and Non-Example berbantuan media pembelajaran poster secara berulang-ulang di mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan koneksi matematika mahasiswa.Kata Kunci : example and non-example, media pembelajaran poster, dan kemampuan koneksi matematis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the ...