Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan

Pemanfaatan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menangani Administrasi Keuangan Bagi Kelas XI Administrasi Perkantoran 1 Di SMK Negeri 1 Kota Sorong Tahun 2017

Kistana Kistana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Menangani Administrasi Keuangan bagi siswaKelasXI Administrasi Perkantoran 1 diSMK Negeri 1 Kota Sorong melalui pemanfaatan Metode Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kolaborator. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Metode Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...