Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan

Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi HAM Melalui Metode Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VII A SMP PGRI Salawati Pada Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

Milka Way (SMP PGRI Salawati Kabupaten Sorong)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara yang baik, cerdas, terampil, dan berkarakter seperti yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Pelaksanaan pembelajaran problem based learning berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, menemukan dan mendiskusikan masalah serta mencari pemecahan masalah, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peserta didik yang tuntas pembelajaran, dari prasiklus sebanyak 6 orang (25%) mejadi 15 siswa tuntas pada siklus I (62,5%) dan pada siklus II sebanyak 21 siswa (87,5%), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi HAM dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas VII-A SMP PGRI Salawati tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...