Journal of Management Review
Vol 2, No 2 (2018): Journal of Management Review

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Irma Mulyasari (Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada penyuluh KB di BKBPPKabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Untuk menganalisanya menggunakan analisa data uji statistik korelasi dan regresi ganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis membuktikan bahwa : 1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya semakin baik kecerdasan emosional maka semakin meningkat pula kinerja pada Penyuluh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut. Lebih lanjut berkenaan dengan kecerdasan emosional ditemukan indikator yang perlu lebih dioptimalkan berkenaan dengan keterampilan dalam berkomunikasi; 2) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya semakin baik kompetensi maka semakin meningkat pula kinerja pada Penyuluh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut. Lebih lanjut berkenaan dengan kompetensi ditemukan indikator yang perlu lebih dioptimalkan berkenaan dengan daya tanggap terhadap masalah; 3) Kecerdasan emosional dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya semakin baik kecerdasan emosional dan kompetensi maka semakin meningkat pula kinerja pada Penyuluh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

managementreview

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of ManagementReview is a scientific journal in the field of management in widely spectrum broad but focus on management science that aims to accommodate for writers such as lecturer, students, researchers and practitioners to share their scientific experience both theoretically and ...