Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2019)

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar

Lokot, Lokot (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 7 September sampai dengan 29 September 2015.Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari nilai PPK dan KI. Daya serap hasil belajar siswa sebelum PTK 69,25 meningkat sebesar 13,24% pada siklus 1 menjadi 82,49 dan pada siklus II meningkat 5,21 % menjadi 87,70.Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK 55 pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 45% menjadi 100, pada siklus II tuntas 100% .Ketuntasan nilai KI sebelum PTK 65% dan meningkat 25% menjadi 90% dan pada siklus II meningkat 10 % menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe think pair share dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam Tahun Ajaran 2015/2016.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...