Strategi Critical Insident dalam pembelajaran mahasiwa aktif pada mata kuliah Konsep Pembelajaran IPA dapat menjadi sarana mahasiswa belajar aktif dan meningkatkan hasil belajar dengan strategi inovatif. Penelitian  ini menganalisa hasil belajar Konsep Pembelajaran IPA pada  materi Ekosistem dilihat dari penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini menggunakan Classroom Action Research  karena peneliti bertindak langsung dalam penelitian. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya  tahun pelajaran 2017/2018. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan strategi critical insident dan kelas kontrol (2) keterampilan pembelajaran dan penguasaan konsep IPA materi Ekosistem pada kelas yang menggunakan strategi critical incident lebih tinggi daripada kelas kontrol (3) hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi belajar aktif critical insident.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019