Belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa secara tetap melalui pengalaman, pengamatan, dan bahasa, yang dilakukannya secara aktif yang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan permasalahan pendidikan bahasa Indonesia khususnya kajian bagaimana siswa belajar bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui kajian wawancara terhadap guru dan wali murid. Observasi dilakukan untuk melihat permasalahan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar bahasa di sekolah khususnya Sekolah Dasar, guru melakukan evaluasi dan pemahaman bahwa siswa sebelum masuk ke sekolah telah belajar bahasa (pemerolehan bahasa) melalaui lingkungan kehidupannya. Siswa akan lebih percaya diri dalam belajar bahasa jika siswa diberikan kesempatan untuk memperbaiki melalui hasil kerjanya sendiri. Pembelajaran bahasa memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih aktivitas berbahasa.
Copyrights © 2019