Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah SD Negeri 1 Pulorejo dalam penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 dalm hal : 1) kesiapan kurikulum sekolah, 2) kesipan pendidik dan tenaga kependidikan. 3) kesiapan peserta didik.Penilitian ini adalah deskripsi kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap kepala sekolah dan guru. Observasi untuk melihat kesiapan sekolah dalam penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013. Tempat penelitian di SD Negeri 1 Pulorejo.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai karakter dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan memasukkan konsep karakter pada setiap pembelajaran. Penerapan penguatan pendidikan karakter ditanamkan pada warga sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019