Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK SETIA BHAKTI BANDUNG

Ramdani, Muhammad Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) di SMK Setia Bhakti Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain Post-Test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran B dan X Administrasi Perkantoran C SMK Setia Bhakti Bandung yang masing-masing berjumlah 35 siswa dan 38 siswa. Alat pengumpulan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan  menunjukkan  = 2,34 sedangkan  1,994 artinya  > , maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI), serta berarti bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...