Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar fotografi untuk membantu mahasiswa membangun konsep himpunan yang berkualitas baik. Oleh karena itu, Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Secara khusus pengembangan media pembelajaran menggunakan model Luther yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Concept (konsep), (2) Design (perancangan), (3) Material Collecting (pengumpulan bahan), (4) Assembly (pembuatan), dan (5) Testing (uji coba). Sampel penelitian adalah mahasiswa semester II Pendidikan Matematika yang mengikuti mata kuliah Pengantar Dasar Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan instrumen Tes Hasil Belajar (THB). Observasi dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa oleh observer untuk melihat aktivitas dosen dan mahasiswa pada proses pembelajaran, THB diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk tes uraian untuk mengukur kemampuan mahasiswa membangun konsep himpunan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini berupa Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Rencana Tugas Mahasiswa (RTM), Tes Hasil Belajar (THB) dan bahan ajar/ modul materi Himpunan dengan sintaks model pembelajaran langsung berbantuan media gambar fotografi yang berkualitas baik, dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Pada pelaksanaan uji keefektifan hasil pengembangan akhir; perangkat pembelajaran menunjukan praktis dengan validator menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid dan dapat digunakan, hasil observasi pelaksanaan pembelajaran untuk SAP baik, hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar mahasiswa menunjukan aktif. Perangkat pembelajaran efektif dengan adanya mahasiswa merespon positif pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar yang diberikan kepada mahasiswa memenuhi kriteria valid, reliabel, sensitif dan ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi
Copyrights © 2017