ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan klasikal melalui media games terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VII C SMP N 2 Karangpandan Tahun Pelajaran 2017 / 2018.Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Karangpandan Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas VII C SMP N 2 Karangpandan yang berjumlah 32 siswa dengan teknik sampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan klasikal melalui media games, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data siswa kelas VII C. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar3,992. Selanjutnya hasil dari t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1), maka d.b = (32-1) = 31 dalam taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 2,040 dan 2,744. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,040 < 3,992 > 2,744. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Melalui Media Games Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII C SMP N 2Karangpandan Tahun Pelajaran 2017 / 2018” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5% dan 1%.Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Media Games, Komunikasi Interpersonal
Copyrights © 2019