Abstrak: Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2016/2018. Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share di kelas VIISMP Negeri 8 Kayan Hilir dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dimana siswa terlihat memiliki motivasi, antusias dan kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kayan Hilir dikategorikan sangat baik yaitu pada siklus I, 65,22% dan pada siklus II 86,96% sehingga terjadi peningkatan sebesar 21,74%, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), bertindak (afektif), dan terampil hasil belajar (psikomotorik). Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan model pembelajaran think pair share pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran IPS.Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think pair share
Copyrights © 2018