Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
Vol 3, No 2 (2018): JURKAMI

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY 6M MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI KEEMPAT DI SMK NEGERI 6 PONTIANAK

Nuraini Asriati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2019

Abstract

Abstrak: latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya pengembangan karakter dan jiwa kewirausahaan lulusan SMK Negeri 6 Pontianak. Kegiatan pembelajaran pembelajaran program produktif di SMK masih belum mencakup aspek soft competence, terutama kecakapan kewirausahaan. Tujuan penelitian ini yakni keterapan uji dan terlaksananya model pembelajaran Teaching Factory 6M dan 4D kelas kria tekstil pada SMK Negeri 6 Pontianak sebagai upaya menghadapi revolusi industri 4.0. untuk mengembangkan efektivitas pelaksanaan teaching factory  ditinjau dari segi konteks, input, proses dan produk. Metode yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian siswa jurusan kria tekstil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan capaian hasil belajar kewirausahaan sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Teaching Factory 6M dan 4D. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teaching Factory 6M dan 4D efektif dalam meningkatkan hasil belajar kewirausahaan yang ditinjau dari segi konteks, input, proses dan produk pada siswa jurusan kria tekstil SMK 6 Pontianak.Kata Kunci: efektivitas, pembelajaran, teaching factory, kewirausahaan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah ...