Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2019): Maret 2019

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ARCHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TATA HIDANG

Laksemiwati, Ni Luh Astrini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar tata hidang siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Sedangkan objek penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tata hidang. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data hasil  belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tata Hidang siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, hasil belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...