Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2019): Maret 2019

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK PASTA

Sari, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XIA5 di  SMK N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi  pelajaran menganalisis, mengolah dan menyajikan hidangan pasta dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization  (TAI). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A5 di SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang ( 18  ) orang siswa perempuan dan ( 21 ) orang siswa laki-laki ). Sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TAI. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes esay. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: model pembelajaran TAI, aktivitas belajar, hasil belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...