Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2019): Maret 2019

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAME PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KANTOR DEPAN (RESERVASI)

Suardani, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar  dan  pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) Kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI AP 4 SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah motivasi belajar dan pemahaman belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data pemahaman belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar  dan  pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif, media game puzzle, motivasi belajar, pemahaman belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...