Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan media MOBIL (Monopoli Bilangan) dalam model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IVĀ SD Negeri 1 Badamita Kabupaten Banjarnegara. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-ekspeimental designs dengan bentuk One-Goup-Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam penggunaan media MOBIl (Monopoli Bilangan) dalam model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Badamita Kabupaten Banjarnegara. Hal ini diperkuat pada analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung =9,542. Dari daftar distribusi t dengan db=20-1 =19 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel =1,729 Karena kriteria pengujian thitung > ttabel maka Ha diterima.
Copyrights © 2018