JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 1, No 2 (2017): Volume 1 Nomor 2 JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Melalui Karya Seni Rupa Trimatra Dengan Pendekatan Pengajaran Reflektif Pada Siwa Kelas III SDN 1 Darmaji Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Hj. Hafifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK menggunakan pendekatan Reflektif pada siswa kelas III SDN 1 Darmaji, Kecamatan Kopang, Kabuapaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas  III SDN 1 Darmaji, Kecamatan Kopang  yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persentasi peserta didik yang memiliki kreatifitas berkategori tinggi meningkat dari 26 % pada siklus I menjadi 74% pada siklus II, dan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari 22 jumlah peserta didik terdapat 13 peserta didik berhasil mencapai nilai  ≥ 70 dengan persentasi ketuntasan klasikal 60,86% dan rata-rata hasil belajar 75,43. Sementara pada siklus II diperoleh data ketuntasan klasikal sebesar 100% atau 22 peserta didik memperoleh nilai  ≥ 70 dengan rata-rata hasil belajar 84,13. Hasil observasi juga menunjukkan aktivitas peserta didik dan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, Pada siklus I aktivitas peserta didik dan guru berkategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas peserta didik dan guru berkategori sangat aktif. (3) Meningkatnya kreativitas hasil karya siswa pada kondisi awal hingga siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran dengan pendekatan Reflektif pada materi melipat peserta didik dapat berkarya dan berkreasi secara maksimal, (2) pendekatan Reflektif   dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata  pelajaran SBK siswa kelas  III SDN 1 Darmaji, sehingga Peneliti menyimpulkan bahwa   pendekatan reflektif dapat meningkatkan Hasil dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran SBK (seni rupa trimatra)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...