JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 2, No 3 (2018): JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

PEMANFAATAN BENDA PENINGGALAN SEJARAH BIMA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Wera)

Roni Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang (1). Perenacanaan Pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan benda peninngalan sejarah bima sebagai sumber pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 (2). Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pemanfaat benda peninggalan sejarah bima sebagai sumber pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013, (3). Evaluasi pembelajaran dengan pemanfaatan benda peninggan sejarah sebagai sumber pembelajaran dalam kurikulum 2013  (4). Kendala dan dampak pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan benda peninggalan sejarah sebagai sumber pembelajaran dalam kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Wera dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan strategi studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri atas informan ( Kepala sekolah, Guru sejarah dan peserta didik), tempat dan peristiwa (aktivitas belajar sejarah di kelas), dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik  Obsevasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik  purposive sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi data, trianggulasi peneliti dan trianggulasi teori. Analisis data menggunakan analisis interaktif, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran dimulai dari penyusunan perangkat pembelajaran yang teridiri dari: Program tahunan, Program semester, Kriterial ketuntasan minimum (KKM), Silabus, RPP, Motode, strategis, model dan pendekatan pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: Kegiatan awal Apresepsi, Kegitan Inti, Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Membentuk jejaring, Mengkomunikasikan, dan Kegiatan Akhir, Refleksi, Kesimpulan dan Penunggasan; (3) Evaluasi pembelajaran sejarah menunjukkan hasil yang baik dengan dilihat dari kompetensi spritual, (K1), Sikap Sosial (K2), Keterampilan (K3) dan Pengetahuan (K4); (4) Kendala dan Dampak pembelajaran sejarah adalah sebagaian peserta didik belum memahami langkah-langkah pembelajaran Kurikulum 2013 juga minimnya sarana LCD yang dimiliki pihak sekolah. Dampaknya sebagaian materi pembelajaran tidak dapat ditayangkan dengan menggunakan LCD

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...