Quagga
Vol 7, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUNINGAN

Heti Widianingsih (Universitas Kuningan)
Ondi Suganda (Universitas Kuningan)
Rahma Widiantie (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2015

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kualitas proses pembelajaran di kelas masih kurang optimal baik dari segi siswa, guru, media maupun metode pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Macromedia Flash Player pada pembelajaran IPA terhadap Peningkatan Pengausaan Konsep Siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi (Quasi Eksperiment design). Untuk memperoleh data yang diperlukan, digunakan instrumen berupa tes obyektif untuk mengetahui penguasaan konsep, angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Macromedia Flash Player, dan lembar observasi siswa untuk melihat proses pembelajaran selama kegiatan beleajar mengajar berlangsung. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik dan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa kelas VIII sudah sangat memuaskan. Dengan normalitas data 1,76 dan homogenitas variansi 1,25 maka Fhit Ftab. Dan untuk uji t diperoleh data thitung ttabel yaitu 3,21 1,99. Ini menunjukan bahwa penggunaan Model Group Investigation (GI) dengan Macromedia Flash Playersangat berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kuningan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...