Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, tujuan penggunaan dana untuk investasi, return on equity, debt to asset ratio, dan cash ratio terhadap underpricing pada penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008-2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Populasi dalam penelitian berjumlah 131 perusahaan yang melakukan IPO sejak tahun 2008 hingga 2016.Sampel penelitian berjumlah 98 perusahaan. Data penelitian  dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 19.0 for Windows menunjukkan hasil bahwa: reputasi underwriter, ukuran perusahaan, tujuan penggunaan dana untuk investasi, return on equity, debt to asset ratio, dan cash ratio secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap underpricing. Berdasarkan uji parsial variabel reputasi underwriter dan debt to asset ratio berpengaruh signifikan negatif terhadap underpricing, sedangkan variabel ukuran perusahaan, tujuan penggunaan dana untuk investasi, return on equity, dan cash ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing.Kata Kunci : reputasi underwriter, ukuran perusahaan, tujuan penggunaan dana untuk investasi, return on equity, debt to asset ratio, cash ratio, underpricing, IPO
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017