Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 3, No 2 (2017)

Peningkatan Kemampuan Menghargai Nilai-Nilai Juang Dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara Melalui Pendekatan Nyata Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Suharjono, Suharjono ( SD N Joresan Mlarak Ponorogo)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2017

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan pembelajaran nyata pada standar kompetensi  menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara siswa kelas VI SDN Joresan Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran nyata dapat meningkatkan aspek psikomotor dan aspek kognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pokok bahasan menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara siswa kelas VI SDN Joresan Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

rontal

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, e-issn; 2613-9820, issn cetak; 2477-0523 mengundang para ilmuwan untuk mempublikasikan karya ilmiah berupa penelitian atau makalah yang dibuat dalam bentuk artikel berkaitan dengan isu-isu politik, sosial, hukum, kebudayaan dan perekonomian warga ...