Jurnal FAPERTANAK : Jurnal Pertanian dan Peternakan
Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Fapertanak

ANALISIS MARGIN PEMASARAN KOMODITI KACANG TANAH (Arachis hypogaea l.) DI KAMPUNG KARADIRI 1 DISTRIK WANGGAR KABUPATEN NABIRE

SYUSANTIE SYLFIA SAIRDAMA (Staf Pengajar Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran kacangtanah di Kampung Karadiri 1 Distrik Wanggar Kabupaten Nabire.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang saluran pemasarandan margin pemasaran kacang tanah, sebagai bahan masukan untuk pengambilankebijakan oleh pemerintah dalam menyusun dan merumuskan kebijaksanaan dalamprogram peningkatan usahatani serta sebagai bahan informasi bagi peneliti lanjutan danpeneliti lain yang topiknya relevan dengan penulisan ini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif denganpengambilan sampel secara sengaja (purposive) untuk petani kacang sebanyak 20 petaniresponden dan secara Snowball sampling untuk pedagang yaitu sebanyak 4 orangpedagang pengumpul dan 6 orang pedagang pengecer.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran kacangtanah di lokasi penelitian yaitu saluran pertama dimana petani langsung menjual kekonsumen,pada saluran ini tidak ada margin pemasaran karena tidak melibatkan lembagapemasaran. Saluran pemasaran ke dua dari petani kacang tanah dijual ke pedagangpengumpul dan pedagang pengumpul menjual ke konsumen akhir. Pada saluran keduamelibatkan lembaga pemasaran yaitu; pada pedagang pengumpul besar marginpemasaran Rp 1.666,67/kg, dan pada pedagang pengecer besar margin pemasaran yaituRp 5.000, sehingga total margin pemasaran pada saluran kedua sebesar Rp 6.666,67/kg.

Copyrights © 2017