Jurnal PGSD Musi
Vol 1 No 1 (2018): PGSD MUSI

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENS)

andri, jumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertajuk PKn meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif permainan tim tournamens (TGT) kelas V SD 24 Negeri Betung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 24 Betung melalui model pembelajaran kooperatif TGT. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Betung kelas V negeri yang memiliki 21 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Keberhasilan penelitian dianalisis berdasarkan ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai siklus. Jika tidak selesai dalam hasil belajar siswa ketika mencapai nilai 65 sedangkan kelas jika terdapar dinyatakan tuntas 75% siswa yang mendapat skor 65 atau lebih. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT kelas V SD 24 Betung menyatakan negara meningkat. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPGSDM

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PGSD Musi berisi penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Penelitian yang dihasilkan berupa fakta dan data. Diharapkan dengan adanya jurnal PGSD Musi dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan ...