Al-Qalam
Vol 17, No 1 (2011)

PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MANSHUROH (FORUM KOMUNIKASIAHLUSUNNAH WAL JAMAAH AMBON) Pondok Pesantren (Boarding School) Salafiyah Al-Manshuroh (Communication Forum Ahlusunnah Waljamaah Ambon)

Badruzzaman Badruzzaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2011

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahai penyelengaraan pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah yangdiselenggarakan oleh Forum Komunikasi Ahlusunna wal Jamaah Ambon. Forum Komunikasi Ahlusunnah wal Jamaahmenjadikan PP Salafiyah sebagai salah satu komponen pembelajaranyang diselenggarakan bersamaan dengan SD Islam"-radii. Madrasah Ibtidaiyah Terpadu dan Madrasah Diniyah. Sistem penyelenggaraan PPS ini berimplikasi kepada•aelasan komponen-komponenyang menyertai sebuah satuanpendidikan keagamaan seperti tenagapengajar, tenagaadministrasi, sarana dan prasarana, alat pembelajaran, bahkan pada sistem pengelolaan satuan pendidikan keagamaan.Komponen-komponenyang disebutkan tampaknya dimiliki bersama oleh semua jenis satuan pendidikan keagamaannyanga.selenggarakan oleh Forum Komunikasi Alhulussuna wal Jamaah. Program pembelajaranyang diterapkan oleh lembagapendidikan keagamaan tersebut memadukan tiga model kurikulum, yaitu kurikulum madrasah yang digunakan di SaudiArabiyah. kurikulum Departemen Agama dan kurikulum pesantren. Beberapa program pembelajaran itu adalah tahfizdulOur 'an. dan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab-kitab berbahasa Arab.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Alqalam

Publisher

Subject

Religion

Description

Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 2 edisi dalam setahun oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar. Terbit sejak tahun 1990. Fokus Kajian Jurnal berkaitan dengan penelitian Agama dan Sosial Budaya. Lingkup Jurnal meliputi Bimbingan ...