THIS article begins with the necessity to improve students' writing skills in writingexposition text in vocational schools (SMK). The problem of the research is theimprovement of students' of class X of SMK SMIP YPPT Bandung skill in writingexposition by means of serial story writing model. The method used in this studyis an action research. The number of samples is 39 students of year X of SMKSMIP YPPT Bandung of 2nd semester in academic year 2014/2015. Data werecollected using instruments of tests and observation. The result indicates that theserial story writing model is acceptable and effectively facilitating in improvingtheir skills on writing exposition. AbstrakPENELITIAN ini diawali dengan adanya kebutuhan untuk meningkatkan kemampuansiswa dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi di SMK. Masalah yang ditelitiadalah peningkatan kemampuan siswa kelas X SMK SMIP YPPT Bandung dalammenulis eksposisi melalui model pembelajaran menulis cerita berantai. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitianberjumlah 39 orang siswa kelas X SMK SMIP YPPT Bandung, Semester 2, TahunPelajaran 2014/2015. Instrumen pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Temuanpenelitian ini adalah model pembelajaran menulis cerita berantai dapat diterima olehsiswa sebagai suatu kemudahan dalam belajar menulis eksposisi serta dapatmeningkatkan keterampilan menulis. Selain itu, model pembelajaran tersebut efektifuntuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi di kelas XSMK SMIP YPPT Bandung.
Copyrights © 2016