UPEJ Unnes Physics Education Journal
Vol 5 No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Nurfiyani, Novi Tri (Unknown)
Sopyan, Achmad (Unknown)
Hardyanto, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantu media animasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen non-equivalent control group design. Data yang diperoleh berupa skor pretest-posttest hasil belajar dan angket yang dianalisis menggunakan uji t dan uji N-gain. Berdasarkan hasil analisis, uji t menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Selain itu analisis uji gain menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,404 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,285 dengan kategori rendah. Sedangkan peningkatan minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,387 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,256 dengan kategori rendah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media animasi dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...