Journal of Innovative Science Education
Vol 5 No 2 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Haryanti, Haryanti (Unknown)
Sudarmin, Sudarmin (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, pembelajaran yang berlangsung kurang melibatkan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental, dengan desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah besarnya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Semarang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 7 dan kelas XI MIA 8. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes, berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji beda rata-rata, dan uji N-gain. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu besarnya peningkatan N-gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol.   This research was conducted based on the finding of low of student critical thinking skills of. In addition, the learning that takes less involve student activity. This study is a quasi-experimental research, the design used Nonequivalent Control Group Design. The purpose of this study is to determine whether the magnitude of increase in critical thinking skills students learn by inquiry learning model significantly better than students who studied with conventional methods. The population in this study is student of a class XI SMAN 1 Semarang, while samples are used as much as two classes, that is class XI MIA 7 and class XI MIA 8. The sampling technique used in this study is a cluster random sampling. Instruments used in this research that the test instrument, such as pretest and posttest. Analysis technique of data used is normality test, homogeneity, different test average, and N-gain test. The results obtained from this study, which is a big increase in N-gain critical thinking skills of students in the experimental class is significantly higher than the critical thinking skills of students in the control class.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jise

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Innovative Science Education p-ISSN (Print) 2252-6412 | e-ISSN (Online) 2502-4523, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, short communications from contributors, and the novel technology news related to Innovative Science Education research. ...