Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan dakwah Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahan sebagai entitas bisnis yang mengelola sumberdaya alam dan berkewajiban untuk melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan. Kegiatan CSR bukan hanya sekedar kegiatan filantropi semata yang tidak memiliki arah tujuan dan pencapaian yang jelas, melainkan dapat dinyatakan sebagai realisasi program dakwah dalam bentuk pengembangan masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan kualitas kehidupan. Konsepsi dakwah bukan hanya identik dengan tabligh tetapi meliputi semua segi kehidupan manusia untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Prinsip utama dalam kegiatan dakwah ini untuk menumbuhkan kesadaran dan kekuatan pada masyarakat sebagai objek dakwah itu sendiri dengan tujuan pada peningkatan kesejahteraan. Kegiatan dakwah CSR untuk masyarakat yang berada di wilayah pertanian sebagai komoditas utama masyarkat dilaksanakan melalui kegiatan: peminjaman lahan, penguatan modal usaha, pembinaan manajemen dan usaha pertanian, pelatihan budi daya pertanian, dan pemasaran hasil pertanian. Keberhasilan kegiatan dakwah CSR perusahaan ditunjang dengan faktor-faktor yang mendukung kegiatan diantaranya: sumber daya, komunikasi dan struktur organsiasi yang saling mempengaruhi dan menguatkan satu dengan yang lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017