Untuk menghasilkan tenaga bidan yang profesional dan mempunyai kompetensi sesuai standar, membutuhkan  pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Upaya mencapai kualitas  pendidikan, dalam proses belajar mengajar secara teori maupun praktik diperlukan usaha peningkatan mutu pembelajaran.  Penelitian  ini  mendeskripsikan  mutu pembelajaran  praktik laboratorium  yang  terdiri  dari  perencanaan, implementasi, evaluasi dan upaya peningkatan mutu pembelajaran.  Jenis  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif  dengan  pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa mutu pembelajaran praktik laboratorium di prodi DIII kebidanan tanjungkarang belum sesuai dengan standar, sebagian besar mahasiswa kurang puas mendapatkan pelayanan pembelajaran praktik laboratorium kebidanan yang diberikan oleh dosen dan petugas laboratorium. terbukti dengan banyaknya keluhan yang dirasakan mahasiswa. Diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan mutu pembelajaran praktik laboratorium kebidanan dengan menerapkan Konsep PDCA (Plan-Do-Chek-Act), dan untuk pengembangan dimensi mutu pembelajaran praktik laboratorium, dalam  kualitas pelayanan yaitu dengan peningkatan: kehandalan (reliability), daya tanggap (respon-siveness), kepastian  (assurance), empati (emphaty) dan  berwujud (tangible).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016