FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 1, No 2 (2015): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Murti Ayu Setianingrum (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Dian Novitasari (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh model pembelajaranThinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cikupa tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri Cikupa 3 mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan quasi eksperimental desaign. Dari hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa ratarata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...