Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2017): November

Analisis Soal Pilihan Ganda Pada UTS PKn Semester Gasal Kelas IV SD Tahun Ajaran 2017/2018 di Kecamatan Banjarnegara

Yustiana, Sari (Unknown)
Romadhoni, Dynar Rizqi Mara (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertuan menganalisis soal pilihan ganda UTS PKn semester gasal kelas IV SD tahun ajaran 2017/2018 di Kecamatan Banjarnegara, sejumlah 35 soal. Analisis soal dilakukan berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distractor soal. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan program itemen versi 3,0. Pemilihan program itemen karena program tersebut dapat menganalisis soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis, validitas soal terdapat 1 soal tidak valid (2,86%), dan 34 soal valid (97,14%). Hasil koefisien reliabilitas 0,839, yang berarti soal reliabel. Hasil tingkat kesukaran terdapat 3 soal pada kategori terlalu sukar (8,5%), 24 soal kategori cukup/sedang (68,5%), dan 8 soal kategori terlalu mudah (23%). Hasil daya pembeda soal tidak terdapat soal pada kategori sangat jelek, terdapat 1 soal pada kategori jelek (3%), 4 soal kategori cukup (11%), 30 soal pada kategori baik (86%), dan tidak ada soal pada kategori sangat baik. Selanjutnya pada distractor soal terdapat 20 soal dengan distractor yang berfungsi baik (57%), sedangka sisanya sebanyak 15 soal dengan distractor yang tidak berfungsi (43%).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...