Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Pekayon 09 Pagi Jakarta Timur materi bangun ruang dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pekayon 09 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 32, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata- ratanya yaitu dari tes awal sebesar 54.4, siklus I sebesar 62.2, siklus II sebesar 67.2 dan pada siklus sebesar 78.8 pada rentang skor ≥ 68. Persentase ketuntasan pada tes awal mencapai 21.9%, siklus I mencapai 37.5%, siklus II 50%, siklus III 90.6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI), hasil belajar Matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN Pekayon 09 Pagi Jakarta Timur Tahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkat.
Copyrights © 2017