Jurnal Biotek
Vol 6 No 1 (2018): Juni

PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 BULUKUMBA

Rizki Amalia Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Bulukumba tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga rombel. Dari populasi yang ada terpilih dua rombel, masing-masing rombel berjumlah 30 siswa yang mana menggunakan tekhnik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dengan pemberian tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis statistik secara deskriptif dan inferensial (menggunakan statistik uji-t dengan bantuan program SPSS 18.00 for windows), pada taraf signifikan lebih kecil dari 5 %  atau α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan uji-t. hasil menunjukkan nilai thitung < ttabel = 0,002 < α (0,05). (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif  tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Group Investigation (GI) pada Kelas VII SMPN 8 Bulukumba. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan uji-t. Hasil menunjukkan nilai thitung > ttabel = 0,312 > α (0,05).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

biotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Biotek is an academic journal published by Alauddin Press Makassar in collaboration with Department of Biology Education in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal accepts scholarly papers regarding of biology science, biology education, Islamic perspective of biology science, ...