Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa kelas VIII-F MTS Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran menulis puisi yang belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas VIII-F mengalami kesulitan ketika diminta menulis puisi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi Pikir Plus dan media gambar peristiwa yang terdapat dalam surat kabar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII-F MTS Negeri Kesesi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku ke arah yang positif.The issues raised in this study is the low ability students' writing class VIII-F MTS Affairs Kesesi Pekalongan. It is caused by learning to write poetry that has not done well so class VIII-F have difficulty when asked to write a poem. Therefore, the necessary learning strategies and instructional media fun and appropriate. To overcome these problems Plus used Thought strategies and media images of events contained in the newspaper in teaching poetry writing class VIII-F MTS Kesesi Affairs. The research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The results of this study indicate the existence of a process of learning, improvement, and change behavior in a positive direction.
Copyrights © 2014