Journal of Physical Education and Sports
Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016

PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI

Priyambada, Galih (Unknown)
KS, Soegiyanto (Unknown)
Kasmini Handayani, Oktia Woro (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Senam lantai merupakan materi inti dalam pembelajaran pendidikan jasmani, pemilihan gaya mengajar menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan metode faktorial 2 x 2.Terdapat 2 variabel utama : (1) variable bebas yaitu gaya mengajar resiprokal, (2) variable terikat hasil pembelajaran senam lantai. Teknik analisis data digunakan teknik analisis varians (anava) α 0,05 dan uji tukey. Hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar resiprokal menggunakan video pemahaman dan menggunakan video umpan balik Fhitung = 24,621 > Ftabel = 3,21. (2) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran senam lantai antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah Fhitung = 6,949 > Ftabel = 3,21 (3) Terdapat interaksi antara gaya mengajar resiprokal dengan motivasi berprestasi terhadap peningkatan hasil pembelajaran senam lantai F-hitung = 18,850 > Ftabel = 3,21. Kesimpulan secara keseluruhan hasil pembelajaran senam lantai antara siswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal menggunakan video pemahaman lebih baik dari pada menggunakan video umpan balik. Secara keseluruhan hasil pembelajaran senam lantai siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi tinggi lebih baik dibanding siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi rendah. Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil pembelajaran senam lantai.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpes

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Physical Education and Sports publishes articles of original researchs and conceptual studies about physical education and sports. ...