Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 2, No 1 (2014): Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika

Syarifah Nur Siregar (Universitas Riau)
Titi Solfitri (Unknown)
Yenita Roza (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2018

Abstract

Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Salah satu permainan yang dapat membelajarkan fakta, keterampilan, konsep, dan prinsip matematika adalah congklak. Congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan permainan congklak untuk mengenalkan konsep operasi hitung bilangan kepada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Operasi hitung bilangan merupakan konsep yang sangat penting karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi dasar dalam pemahaman konsep matematika selanjutnya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif yang dimulai dengan mengamati permainan congklak yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar. Hasil pengamatan dijadikan dasar untuk melakukan analisis pengembangan metode pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan congklak untuk mengenalkan konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

al-khwarizmi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, p-ISSN:2337-7666 and e-ISSN: 2541-6499, is a peer-reviewed open access journal and aims to provide an international forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to mathematics ...