JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 1, No 1 (2016): Volume 1 Number 1 March 2016

Hubungan Antara Potensi Kreativitas Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2010 FKIP Unika Atma Jaya

Dominikus David Biondi Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Potensi kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk menghasilkan suatu hal yang baru, orisinal, dan unik berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut; kemampuan umum di atas rata-rata (above avarage ability), kreativitas di atas rata-rata (above average creativity), dan pengikatan diri terhadap tugas (task commitment). Motivasi berprestasi adalah usaha yang dilakukan oleh individu untuk mencapai prestasi atau suatu ukuran keunggulan tertentu, yang diukur berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut; berani mengambil resiko secara moderat (tingkat kesulitan menengah) dalam pemilihan tugas, ketahanan atau ketekunan (persistence) dalam mengerjakan tugas, harapan terhadap umpan balik (immediate feedback), memiliki tanggung jawab pribadi, dan kemampuan dalam melakukan inovasi/kreatif (innovativeness). Tujuan penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2010 Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah untuk mengetahui hubungan antara potensi kreativitas dengan motivasi berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variabel potensi kreativitas dengan motivasi berprestasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi kreativitas dan motivasi berprestasi dalam menjalankan studi di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan kepada program studi BK agar memberikan pembinaan peningkatan potensi kreativitas dan motivasi berprestasi kepada para mahasiswa sebagai calon guru BK dan konselor.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...