Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi MBS di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta.
Penelitian   ini   dilaksanakan   dalam   bentuk   penelitian   lapangan   (field research) yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan   metode interview, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen berbasis madrasah menuntut kepala madsarah untuk dapat menjalankan perannya sebagai manajer dalam  meningkatkan mutu pendidikan dan eksistensi madrasah. Kepala madrasah sebagai manajer dapat melakukan proses manajerialnya dengan memberdayakan guru berserta staf sesuai dengan kapasitas dan tugasnya, kemudian kepala madrasah juga melibatkan seluruh stakeholder untuk menunjang progam madrasah, kepala madrasah menjadi teladan, memberikan evaluasi dan pengarahan serta bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan kebijakannya.
Kata Kunci : Kepala Sekolah, Manajer, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017