TELKA - Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol
Vol 2, No 2 (2016): TELKA

Pengaruh Penerapan Metode Problem Based-Learning Terhadap Hasil Penilaian Mata Kuliah Mobile Programming Pada Pendidikan Informatika Jenjang Pendidikan Diploma 3

Dita Lupita Sari (Politeknik Kota Malang)
Choirun Niswatin (Politeknik Kota Malang)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2016

Abstract

Dengan adanya fenomena peningkatan jumlah pengguna aplikasi mobile maka sudah dapat dipastikan kebutuhan akan pengembang aplikasi juga akan meningkat. Dengan prinsip menyediakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri,sudah selayaknya institusi pendidikan tinggi memberikan banyak perhatian dalam menghasilkan lulusan yang mumpuni di bidang pengembangan aplikasi mobile. Oleh karena itu dikembangkan metode problem based learning yang diharapkan mampu merangsang daya saing dan kreatifitas mahasiswa dalam proses belajar mengajar mata kuliah pemrograman mobile. Dalam pengujian hipotesis dihasilkan kesimpulan bahwa nilai kedua kelompok memiliki perbedaan signifikan. Terdapat perbedaan hasil penilaian dari kelompok yang menggunakan metode problem based learning dan kelompok yang tidak menggunakan problem based learning. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari kelompok kontrol Dapat disimpulkan bahwa metode problem based learning meningkatkan hasil penilaian pada mata kuliah mobile programming

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TELKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal TELKA merupakan jurnal yang sepenuhnya diperiksa oleh Redaksi Ahli yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Redaksi menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian, gagasan, dan konsepsi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini terbit 2 kali secara online dan cetak (terbatas) ...