AbstrakMedia massa adalah alat untuk menyampaikan informasi, pikiran, dan gagasa kepada khalayak secara luas. Informasi yang disampaikan beragam termasuk berita seputar kehidupan selebriti di Indonesia. Melalui analisis wacana kritis, dimungkinkan adanya temuan tentang ideologi yang terdapat dari suatu pemberitaan dalam berbagai media yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis wacana kritis dari pemberitaan tentang hijrahnya Mulan Jameela yang dipublikasikan empat media daring, yaitu detik.com, liputan6.com, tempo.co, dan tribunnews.com. Metode kualitatif digunakan sebagai dasar berpikir dan paradigma kritis digunakan sebagai sudut pandang penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga model dimensi dari Norman Faircglough, yaitu dimensi mikrostruktural, mesostruktural, dan makrostruktural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan isi pada pemberitaan selebriti di empat media daring; detik.com, liputan6.com, tempo.co, dan tribunnews.com. Masing-masing media menyajikan topik berita yang sama dengan pembingkaian yang berbeda-beda sesuai dengan motivasi dan idealisme media tersebut.Kata kunci: analisis wacana kritis, berita selebriti, media daring
Copyrights © 2019