Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 1, No 1 (2017): JURNAL LITERASI APRIL 2017

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF

Eni Imawati (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2017

Abstract

Permasalahan yang menjadi bahan pembahasan dan pengkajian dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung dalam pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan pembelajaran berbasis teks? Bagaimanakah profil kemampuan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung? Apakah pembelajaran berbasis teks berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2013/2014? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu untuk mengujicobakan pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan pembelajaran berbasis teks. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test and post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan pembelajaran berbasis teks termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi guru diperoleh 82,5 sedangkan, aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan pembelajaran berbasis teks termasuk sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil obsevasi siswa dalam kelas eksperimen sebanyak 16 siswa atau 56% siswa yang mengikuti pembelajaran dengan baik. Pembelajaran berbasis teks sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan nilai t (4,904) lebih besar dari t (2,052) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis teks terhadap kemampuan menulis teks deskriptif.   

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...