Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Persepsi Mahasiswa Pada Profesionalisme Dosen, Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Diferensial

Virgana Virgana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kausal, dimana data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Selanjutnya dilakukan analisis pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lain, variabel yang dikaji terdiri dari dua macam, yakni: variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel eksogen memberikan pengaruh baik langsung maupun tak langsung terhadap variabel endogen. Sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel endogen, dari sampel sebanyak 100 orang mahasiswa Unindra semester III tahun 2016/17.Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat: 1) pengaruh langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap minat belajar ; 2) pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial, 3) pengaruh langsung minat belajar terhadap pemahaman konsep diferensial, dan 4) pengaruh tidak langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial.

Copyrights © 2017