Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

PERSEPSI GURU TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Prima Gusti Yanti (FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Nini Ibrahim (Unknown)
Fauzi Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Guru terhadap Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMA. Selain itu, tujuan khusus dari penelitian ini untuk mengkaji pengaplikasian sebuah pendekatan pembelajaran yang sudah dirumuskan oleh pemerintah. Adapun SMA yang menjadi sasaran adalah MAN 15 Jakarta, SMA Budhi Warman Jakarta, dan SMKN Giri Taruna Bogor. Metode penelitian menggunakan metode survey. Metode Survey ialah metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan dalam pengamatan langsung terhadap suatu gejala dalam populasi besar atau kecil. Proses penelitian survey merupakan suatu fenomena sosial dalam bidang pendidikan yang menarik perhatian peneliti. Pengetahuan  berdasarkan paradigma ini disusun berdasarkan logika deduktif dengan merangkai atau menempatkan teori-teori atau pengetahuan sebelumnya sebagai landasan penyusunan hipotesis dan melakukan pengujian terhadapnya berdasarkan prinsip dan teknik kuantitatif. Hasil yang diperoleh menggambarkan bahwa metode pembelajaran saintifik yang diamati pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sasaran penelitian telah  terpenuhi. Akan tetapi, pada salah satu sample pengamatan didapati bahwa kegiatan saintifik masih belum berurutan, seperti misalnya proses mengeksplorasi yang dilakukan setelah proses mengasosiasikan. Secara umum, guru-guru yang diamati telah melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode saintifik.

Copyrights © 2018