Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SDN GUGUS 7 KEC. SUKMAJAYA DEPOK

IIS DEWI LESTARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh positif gaya kepemimpinan transformasional dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN Gugus VII Kecamatan Sukmajaya Depok. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan analisis regresi ganda, dua variabel bebas yaitu gaya kepemimpinan transformasional dan supervisi dan satu variabel terikat yaitu kinerja. Populasi penelitian ini adalah guru di  wilayah Depok. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 guru di wilayah gugus VII Depok.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa R Square = 0,662 yang berarti variabel kepemimpinan transformasional dan supervisi kepala sekolah memberikan pengaruh terhadap kinerja guru di gugus VII wilayah Depok sebesar 66,2%. Dengan demikian ada 33,8% ( 100 % - 66,2 %) variabel lain yang memberikan pengaruh terhadap kinerja guru selain variabel kepemimpinan transformasional dan supervisi kepala sekolah. Nilai thitunguntuk variabel kepemimpinan transformasional adalah sebesar 11,773 dengan taraf signifikan sebesar 0,000< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (11,773> 1,966), artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, Nilai thitunguntuk variabel supervisi kepala sekolah adalah sebesar 3,110 dengan taraf signifikan sebesar 0,002< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,110 > 1,966), artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Supervisi, Kinerja

Copyrights © 2018