Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Self Regulated Learning Siswa Dilihat dari Hasil Belajar

Putri Yulianti (Universitas Negeri Padang)
Afrizal Sano (Universitas Negeri Padang)
Ifdil Ifdil (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) self regulated learning siswa yang memiliki hasil belajar tinggi, (2) self regulated learning siswa yang memiliki hasil belajar rendah, (3) mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan self regulated learning siswa yang memiliki hasil belajar tinggi dan rendah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan jumlah sampel 114 orang yang terdiri dari 57 orang siswa yang memiliki hasil belajar tinggi dan 57 orang siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Skala Pengukuran Self Regulated Learning (SPSRL). Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) self regulated learning siswa yang memiliki hasil belajar tinggi secara umum berada pada kategori baik dengan persentase 75,4%, (2) self regulated learning siswa yang memiliki hasil belajar rendah secara umum berada pada kategori baik dengan persentase 71,9%, (3) terdapat perbedaan yang signifikan self regulated learning siswa yang memiliki hasil belajar tinggi dan siswa yang memiliki hasil belajar rendah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...