Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL Tipe – A Match, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A Match pada peserta didik Kelas III SDN-9 Langkai Palangka Raya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A Match dengan skor pada siklus I yaitu 19,8 dengan persentase 71% dalam kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II mencapai skor 24,2 dengan persentase 86% dalam kategori sangat baik.(2) Hasil belajar IPA peserta didik meningkat setelah menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A, hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal dengan rata-rata 62,8 ketuntasan klasikal 44%, siklus I dengan rata-rata 75,6 ketuntasan klasikal 64%, siklus II dengan rata-rata 88,3 ketuntasan klasikal 94%.
Copyrights © 2016