DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2019): April

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MURID KELAS IV SD NGERI LEMOA KECAMATAN BONTOLEMPANGAN KABUPATEN GOWA

Jumrah, Abrina Maulidnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)yang bertujun penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA konsep perubahan sifat benda pada murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa dan Untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA konsep perubahan sifat benda dapat meningkat melalui penerapan metode eksperimen pada murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa yang berjumlah 43 murid yang terdiri dari 23 laki-laki dan 20 perempuan pada semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas komponen perencenaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obserVsi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar obserVsi. Tes kemampuan membaca dapat diukur dari hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan hasil lembar obserVsi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menujukkan Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid 62.91 dan berada pada kategori sedang sedangkan pada siklus II nilai rat-rata murid berada pada 78.72 dan berada pada kategori Tinggi. Ketuntasan belajar murid meningkat setelah digunakan Metode Eksperimen yaitu pada siklus I terdapat delapan murid yang belum tuntas dan pada siklus II seluruh murid menjadi tuntas. Semangat dan antusias murid dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi, hal ini ditunjukkan semakin minimnya murid yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengggangu kegiatan pembelajaran, sehingga berimplikasi pada keaktifan murid dalam proses belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA konsep perubahan sifat benda dapat meningkat melalui penerapan metode eksperimen pada murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...