Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar  dengan prestasi belajar matematika siswa SMAN 5 Batam. (2) Hubungan positif dan signifikan antara peran serta orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa SMAN 5 Batam. (3) Hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dan peran serta orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 217 siswa dengan jumlah sampel 141 siswa. Instrument penelitian menggunakan angket sudah dianalisis validasi dan reliabilitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dan analisis korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar matematika siswa dengan rhitung=0.517 pada kategori cukup kuat, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan peran serta orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa dengan rhitung=0.207 pada kategori rendah, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dan peran serta orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan Rhitung=0.205 pada kategori rendah.
Copyrights © 2018